Tips Lengkap Menata Desain Rumah Minimalis

Desain rumah minimalis merupakan impian rumah ideal bagi seluruh keluarga. Mewujudkan rumah cantik dan fresh memang tak perlu kemewahan. Namun, kita perlu lebih cermat menata desain rumah agar mudah diterima pada luas tanah terbatas.

Harmoni dalam desain menjadi prinsip utama untuk menata rumah minimalis-elegan. Nilai estetika atau segi keindahan merujuk proporsi bentuk atau tampilan rumah yang lebih variatif. Pertimbangan desain bukan terbatas pada konstruksi bangunan secara fisik saja, namun juga penataan interior rumah secara menyeluruh.

Selain tampilan enak dipandang suatu rumah hunian semestinya bisa menjadi hunian nyaman tanpa batas waktu. Sehingga walaupun terkesan lebih simple minimalis, suasana rumah akan menciptakan nuansa nyaman tersendiri. Desain yang tepat mampu memanipulasi keterbatasan luas ruangan. Misalkan ruang sempit terasa lengang dan leluasa, bahkan langit-langit rendah seakan lebih tinggi.


Tidak perlu bingung. Ada beragam referensi untuk menata rumah minimalis secara efektif. Prinsip estetika desain rumah miminalis itu akan menyangkut tiga hal krusial.

Pertama mengenai kebutuhan mengelola ruang secara efektif dan efisien. Selanjutnya tentang pencahayaan alami dan buatan. Dan yang terakhir adalah kepekaan memilih elemen interior, seperti sapuan warna beserta corak-coraknya.


Tips-Tips Menata Desain Rumah Minimalis

1. Menyiasati Keterbatasan Ruang

Cobalah memaksimalkan daftar kebutuhan ruang bagi anggota keluarga. Jika bisa sebaiknya disesuaikan gaya hidup atau kebiasaan masing-masing. Kadangkala untuk hunian keluarga kecil tak akan begitu sulit untuk menentukan fungsi ruang minimalis yang bermanfaat.

Misalnya bila sering mengerjakan pekerjaan kantor di rumah, bisa dirancang ruang keluarga yang agak luas. Dengan posisi meja kerja berada di sudut ruangan.

  • Maksimalkan Ruang Sempit

Dengan kondisi luas terbatas, mungkin terjadi masalah kurangnya jumlah ruang. Dalam situasi ini, kita harus mempertimbangkan adanya fungsi-fungsi yang dapat digabung dalam satu ruang.

Misalnya ruang makan bisa digabung dengan dapur. Ruang duduk keluarga dengan ruang kerja. Inilah siasat praktis menata ruang dengan fungsi yang bergantian pada waktu tertentu.

  • Mengelola Ruang Terbuka


Ruang saling terbuka memang dapat menampung beberapa fungsi berbeda agar rumah mungil berkesan lega dan nyaman. Namun privasi pun sangat penting bagi setiap orang. Sementara di rumah mungil minimalis, jumlah ruang sangat terbatas untuk diberikan batasan. Solusinya adalah modifikasi pembatas ruang.

Bila kurang menyukai ruang terbuka sepanjang waktu, kita bisa menggunakan pintu geser atau pintu lipat, yang lebih sedikit memerlukan ruang bebas.

Namun penggunaan pintu geser ini menyebabkan sebagian dinding kurang bisa dimanfaatkan. Rel pintu juga harus terawat baik-baik agar tidak mudah macet. Solusi lain untuk memisah fungsi ruang terbuka adalah menciptakan pemisah semu yang transparan.

Contohnya meja kamisol dengan pernak-pernik cantik. Meja ini dapat berfungsi sebagai pemisah antara ruang duduk dengan ruang makan. Peletakan susunan kursi atau sofa yang saling bertolak belakang pun bisa membuat pemisah semu untuk berbagai fungsi ruangan.

  • Perhatikan Letak Pintu dan Jendela

Mengelola ruang seefisien mungkin adalah prinsip desain rumah modern minimalis. Termasuk memikirkan letak pintu dan jendela pada setiap ruangan.

Untuk memperoleh kondisi sirkulasi udara yang optimal, maka cara paling tepat adalah menerapkan ventilasi silang. Yaitu menempatkan sejumlah jendela dan lubang angin pada dinding berbeda.

Peletakan jendela yang benar akan menyejukkan ruangan karena udara panas cepat terhalau keluar. Serta cahaya alami akan membuat ruangan tampak terang di siang hari.

Nah, agar fungsi jendela lebih maksimal kita bisa meletakannya menghadap ke utara atau selatan. Bukaan yang agak lebar akan membuat ruangan cukup terang namun tidak terlampau panas.

2. Memilih Warna dan Corak

Warna sangat penting untuk mempercantik desain rumah
minimalis. Warna pun dapat memanipulasi luas atau sempitnya ruangan, juga tinggi atau rendahnya langit-langit.

  • Warna Netral

Cara paling praktis adalah mengisi dinding ruang dengan warna dasar yang lembut dan ringan. Warna netral dalam ruangan mempermudah kita untuk memilih tatanan interior yang manis bagi kamar tidur.

  • Kombinasi Warna dan Corak

Kombinasi warna serta corak mempunyai tampilan estetika visual yang sangat dekoratif. Desain ini pun boleh menjadi pemisah ruang dengan fungsi berbeda.Misalnya, corak garis vertikal berwarna kuning lembut memberi kesan sempit namun lebih tinggi.


3. Memilih Gaya Interior

Gaya interior menjadi patokan kita saat menata desain rumah modern minimalis. Estetika interior desain rumah minimalis akan bergantung dari selera penghuni. Namun pada dasarnya, gaya interior perlu sesuai dengan karakter arsitektur bangunan rumah secara keseluruhan.

Rancang dengan apik tema interior di setiap ruang agar suasana nyaman bisa dirasakan. Anda bisa memilih beberapa gaya desain favorit. Yaitu gaya klasik minimalis, gaya etnik modern, dan gaya modern-elegan.

Jangan lupa memperhatikan proporsi elemen benda yang mengisi tiap sudut ruangan. Keseimbangan estetik juga dapat berpadu harmonis dengan pemilihan tema ruang. Misalnya kita bisa mengambil gaya interior simpel modern minimalis, dengan tema dekorasi dari materi kayu jati. Serta disapukan tema warna cokelat yang nampak elegan pada berbagai mebel di dalamnya.

Siapkah Menata Rumah Idaman?

Sekian panduan dan tips mengenai desain rumah minimalis. Semoga dapat mengisnpirasi berbagai gaya simple elegan dalam menata desain rumah mungil yang menawan. Suasana hunian indah dan ceria dapat menciptakan kerinduan untuk segera kembali pulang. Dan segera menikmati suasana rumah yang menyenangkan bersama dengan semua anggota keluarga tercinta.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

  • INI ADALAH HALAMAN DESAIN RUMAH MINIMALIS JASA UP